penulis blog ini adalah anak muda yang hidup di kota kecil mojokerto.semua tulisan di sini menceritakan apa adanya masa2 tahun 80an,...mulai dari budaya tv,film,majalah anak-anak,komik dan hal hal yang berkaitan dengan masa2 tahun 80an dan off course tentang kota mojokerto

Wednesday, February 22, 2006

ENG ING ENNNNNNNNNGGG


kata kata ajaib ini muncul dari mulut bang benyamin sueb ketika dia mengiklankan produk mobil truk mitsubisi, aku masih ingat ya ini iklan muncul di tv dalam acara iklan tvri or iklan mana-suka.yang aku lihat di tv sih cuman bang beng nyetir itu truk dan berkata eng ing engggggggg aku gak tahu apa mahsudnya eng ing eng cuman kesannya lucu ya di telinga?


selain bang ben benernya banyak pemain film yang main iklan di tvri khususnya iklan,salah satunya adalah almarhum jalal yang asli jawa timur dan pernah main film dengan doris calaboeut ....inem pelayan seksi.om jalal pernah main iklan kaos lampu petromak ...adegannya dia berdiri di samping kapal sambil pegang itu lampu petromak.buset aku gak bayangin kalo dia berdiri di samping kapal lah dia aja gemuk sekali.oiya om jalal ini pernah punya group lawak bareng si susi sunaryo,alm heri koko dan alm suprapto cuman nama group lawaknya aku lupa.padahal ini group lawak sering manggung di acara galarama,acara musik di stasiun tvri jawa timur,wah lelet nih ingatan hihihihi.yang aku ingat alm jalal selalu bicara pake logat madura padahal dia aslinya jawa deles wong dia lahir di mojokerto hehehehhe.

bung toni sabastian salah seorang penyiar radio kondang di tahun 80an pernah juga main iklan di tvri,dia main iklan tonikum bayer,minuman penyegar badan yang kondang di era 80an.

Wednesday, February 15, 2006

SANDIWARA RADIO ERA 80

ini adalah beberapa sandiwara radio yang riwa riwi selama dasawarsa 80 di radio swasta dan peenag aku dengar di radio....jujur aja aku dulu suka dengerin sandiwara ardio wlaau gak secara penuh lah aku lebih suka lihat acara tv,yang suka dengar acara sandiwara di radio bukan hanya aku tapi bibi aku juga yang tinggal di rumah aku di kurun waktu 80


butir butir pasir di laut,ini adalah judul sandiwara radio yang panjang banget,mulai edar di radio rri mulai tahun 70an akhir dan tamat tahun 84?,ini ceritanya tentang para perawat dan dokter di sebuah rumah sakit di pedalaman jawa.aku ingat salah satu dokter sentral di cerita ini adalah dokter mujib dan suster suraida,aku gak apal bener jalan cerita sandiwara ini,cuman aku apal 2 nama itu aja,oiya menurut catatan sandiwara ini atas kerjasama BKKBN dan radio republik indonesia.yang suka cerita ini di radio cuman bibi aku,aku cuman curi dengar hheheheheheh.



ibuku malang ibuku sayang,cerita tentang keluarga yang aneh,beredar di tahun 85an di radio swasta.aku cuman ingat karakter kunci di radio ini adalah seorang sekertaris genit dengan nama eti,yang aku ingat sayup2 ini sandiwara tentang sebuah keluarga yang punya kepala keluarga doyan main api alias main perempuan,sementara si istri cuman sumungguh dawuh selalu mengiyakan apa kata suami dia.ini serial sandiwara radio pernah di buat film layar lebar,dengan bintang rina hasim.yang lain bintangnya aku lupa .......ini cuman aku dengar beberapa kali di radio swasta sebelum akhirnya hilang.


trinil,ini adalah sandiwara radio berbahasa jawa yang bikin aku merinding ketakutan ,dimainkan oleh para pemain dari yogya ,tayang pas malam hari menjelang pukul 10 malam,kisahnya berseting jaman belanda di pedalaman jawa,tokoh sentral adalah trinil seorang anak perawan desa dan ibunya yang hidup damai sampai kedatangan seorang priyayi jawa bernama bagus sajiwo?yang berakibat terbunuhnya si ibu(simbok)oleh trinil di karenakan si trinil cinta dengan si bagus sajiwo dan dia merasa simboknya adalah saingan dia.cerita yang cukup aneh bin ajaib pada waktu itu,seorang anak tega membantai ibunya dengan cara memotong leher ibunya.dan kepala ibunya dibuang ke sungai sementara badan ibunya di tanam.yang bikin aku ngeri kedatangan ibunya yang cuman kepala aja .dan bersuara berulang2.trinil.....balekno..... gembungku dengan kata lain bahasa indonesianya...trinil kembalikan badan aku,ucapan ini sampai sekarang masih aku ingat dengan jelas.acara radio jawa horor ini cukup terkenal di kampung aku dan selalu membuat aku dan anak2 kecil di kampung ngiyem ketakutan,oiya di akhir cerita si trinil juga tewas terbunuh dikarenakan rumah dia terbakar dan badan dia hancur,dan cerita akhirnya aku lupa cuman yang pasti si trinil meneror si bagus sajiwo.dan di akhir ceita ada lagi cerita tentang kedatangan adiknya bagus sajiwo yang namanya bagus juga cuman nama akhirnya aku lupa.untung cuman cerita radio kalo ada beneran bisa pingsan aku or ngompol di celana gara2 takut.secara psikologis sandiwara berbahasa jawa ini cukup sukses meneror pendengarnya di era tahun 80an hehehehehhehe

bende mataram.....yang aku ingat cuman nama seorang perempuan jawa bernama nyai basinga,sandiwara radio ini beredar di tahun 85an di radio swasta

Sunday, February 05, 2006

euis darlia
karir wanita ini laksana komet hely.melesat cepat dan merupakan fenomena di dunia musik indonesia,album dia yg pertama dengan judul apanya dong mencetak lebih dari 1 juta copies dan lagu ini juga dinyanyikan oleh hetty koes endang dalam versi dangdut.diikuti oleh filmnya dengan judul sama dengan bintang titik puspa+alm jack jhon+kang kabayan+mama hengky .oiya 2 orang yang dianggap cukup berjasa mengajak euis darlia masuk dapur rekaman adalah titik hamzah dan titik puspa yang menciptakan lagu apanya dong.
aku pernah lihat penampilan si euis darliah beberapa kali di aneka ria safari,penampilan dia di panggung emang garang betul........dengan mini skirt dan baju yang menyala kadang merah kadang hitam dan gincu merah menyala selalu mengiringi penampilan di panggung di era 80an.......she real lady rocker at all
karir euis dimulai dari klub malam latin quarter di jakarta tahun 79an akhir, di klub malam ini dia bertemu dengan suami dia yg pertama si yusuf kadir yang cucu sultan sepuh hayubrata cirebon,dari perkawinan dia ini.........(kawin lari di palembang) ,euis punya 1 anak dengan nama christy,rumah tangga mereka cuman seumur jagung .alasan perceraian mereka di karenakan si uis menuduh yusuf kadir kasar selama berumah tangga,dan tak lama berselang dia jatuh ke pelukan bule pengangguran ....mehmet kohcan si orang turki,namun dari si orang turki ini rumah tangga si euis berantakan lagi,dikarenakan si bule cuman mau senangnya sendiri alias pengangguran ,minta duit melulu ke euis darliah...............kisah asmara euis yang kedua ini cukup menyita perhatian di koran2 dan majalah di jaman tahun 80an.
karir uis mulai meredup di akhir 80an,setelah dia memutuskan kawin dengan orang swedia dan pindah ke stolkhom,dan tak ada lagi cerita tentang si macan kecil yang gahar di panggung musik rock.......di era 80an,by te way menurut catatan sebelum dia ketemu dengan si bule turki borokokok, dia pernah terlibat cinta habis2an dengan si playboy cap kardus,arman sarlis,laki2 ini memeras habis2an duit si euis .........dan gues what cinta mereka kandas lagi.and for your info nama suami dia yg terakhir adalah pieter caesar.

Thursday, January 19, 2006

PENYANYI ERA 80-CEWEK




**kalo yang ini artis film+penyanyi meta armis,kakak dari mega silvia,yang aku tahu dia emang pemain film ,yang aku ingat judul film dia cintaku di rumah susun bareng si deddy miswar,pak tile,eva arnaz,afrizal anoda,kadir +doyok.......dia pemeran guru ngaji di film itu,yang pakai kaca mata dan kawat gigi..........tetangga ama si somad
dedy misward di rumah susun.


***ini adalah pic dari nindy elise penyanyi JK record,yang aku tahu judul lagu dia hati seorang wanita cuman aku gak tahu liriknya,kabar terakhir dia aktivis di gereja,ini pic diambil tahun 1985 .....................
by the way adalagi penyanyi yang aku cari gambarnya gak ketemu si helen sparingga,......aku masih ingat lirik lagunya bergulung ombak di lautan........kerana kau ingkar janji?......hehehe,lagu yang top jaman 86an,oiya helen sparingga adalah istri dari penyanyi lawas mus mulaydi.kalo di ingat2 wajah dia mirip barbie tuh helen dengan rambut model singa...............singa jawa hehehehheh.tapi what ever lah tho si helen cukup kondang dengan lagunya yang aku gak apal judulnya.aku lihat penampialn dia pertama kali di album minggu.

WAJAH ARTIS TAHUN 80


**** nama gadis ini mega silvia,adik kandung penyanyi meta armis,aku gak ingat dia dulu nyanyi lagu apa di tahun 80an ,cuman yang jelas dia sering riwa riwi di aneka ria safari and album minggu ****


****kalo ada penyanyi di atas rata2 salah satunya orang ini,lidya natalia,dengan hitnya kangen, dia datang dari keluarga dokter dan dia dokter juga setahuku,sekarang mukim di amerika ama suami****


*****Heydi diana ,setahuku dia artis jk yang paling laris albumnya,juga dia punya beberapa hit lagu waktu itu,
cuman aku gak berapa hapal lagu dia,kalo lihat di tv acara safari sih sering ama album minggu.*****

***** feny beauthy,istri dari aktor mark sungkar ini dulu era 80an salah satu penyanyi andalannnya judi
kristianto,bosnya JK record,selain penyanyi dia juga pemain sinetron dia era itu******

****ana carera penyanyi andalan jk record,tapi kalo menilik namanya masa dia saudaraan ama asia carera ya
ufffffff..........*******


@-------------------@
kalo lihat pic di atas jadi ingat masa tahun 80an masa aku masih sd,kebetulan tempat tinggal aku jadi kost2an para perawat......salah satunya mbak dina.orang baptis kediri,ya rambutnya model heydi diana.tapi kalo dilihat jauh sebelumnya si model rambut dia malah mirip putri diana.........itu di mata saya,mata anak sd hehehehehe


oiya pic diatas adalah sebagian dari artis jk record yang pernah berjaya di era 80an,kata majalah hai tahun 85 mereka adalah bidadari penyanyi pop yang siap merampok hati pendengar dengan suara melow mereka and off course wajah mereka yg mirip model..........kalo boleh aku tambahkan ada penyanyi lain harusnya di jajaran perusahaan rekaman JK record ini.........ria angelina-(yang suaranya bikin ngantuk and mendesa).meriam belina(si sexy bin bomb sex tahun 80an),ani ibon(aku sering salah sebut ibon dengan abon...heheheh).dian pisesa,angel paff.........ada satu lagi penyanyi cantik jaman itu nama dia dian..ntah belakang nama dia aku lupa,yang jelas terakhir kali aku tahu dia ikut pengajian padang arafah,kelompok pengajian artis ...........yang pasti bukan jayanti mandasari sih

Sunday, January 15, 2006

here we come,80-generations


PENYANYI JK RECORD
boleh tahu sapa sih orang or generasi muda tahun 80an yang gak tahu penyanyi jk record yang kesohor dengan irama mendayu dayu kayak nindi ellise or heydi diana......walaupun ada pro kontra gara2 mereka dituduh cuman modal tampang doang tapi tho mereka tetep bagian dari sejarah permusikan indonesia........itu kata yang suka ama musik mendayu dayu sih yang kontra semacam bang harmoko jelas mencak2 karena merasa musik mendayu2 merusak semangat bangsa indonesia....tapi who care lah...........hahahahahahha...........tho selera orang beda2
kalo boleh jujur lah aku masih sering dengar lagu melow dari radio tetangga sebelah,tho kalo ada radio putar lagi mereka artinya ada aja yang suka kan.............

Saturday, January 14, 2006

here we come,80-generations.........

TOMMY J PISA


kenyataan ini sungguh memilukan

pernah ku sadari,namun itu tiada arti

dariku yang mencintai kamu

lagu ini mengalun dengan gagah berani dari tape recorder tetangga sebelah,antara dongkol campur geli kalo dengar lagu ini............gak tahu berapa kalo aku dengar ini lagu sepanjang aku tinggal di kampung,lagu idola tahun 80an.....kata anak2 jaman dulu.........kalo aku ingat penyanyi lagu ini tommy j pisa,gak tahu apakah dia dulu lahir dekat menara pisa itali atau dia emang asli itali cuman kesasar disini??who care lah....

dulu pria yang nyanyi ini sering riwa riwi di aneka ria safari pimpinan om eddy sud.selalu pakai pakaian rapi kemeja putih rambut belah tengah.....dan siap beraksi dengan lagu sendu-seneng ndungsel kata orang jawa sini..heheheheh.top beneer dia waktu itu dan dia pernah main bareng rame2 ,judul film aku lupa yang jelas dia main ama betharia sonata ,cony constantia ama lain2........ntah cerita tentang apa yg jelas aku pernah lihat sekali di tv swasta

Friday, January 13, 2006

MERPATI TAK PERNAH INGKAR JANJI

(cover kaset soundtrack fim merpati tak pernah ingkar janji)
Saling bina cinta
Tulus murni
Tiada ingkar tiada dusta
Terucap janji
Selamanya cinta
Menyatu di dalam kalbu
Reff:
Kau kusayangi
Hanyalah dirimu di dalam hidup ini
Ooh.. Tuhan karuniamu
Mampukah kuterima semua suratan ini
Semuanya kupasrahkan
Ke tahta suci
Cinta kita utuh
Dan abadi
Tiada ingkar tiada dusta
Terucap janji
Selamanya cinta
Menyatu di dalam kalbu
(reff)
always 123...:o)
-----------------
then i heard another song from radio at corner of room...
-----------------
Kau bercanda lucunyaYang lain pun tertawaSeakan sajaCerita dan canda kitaTiada habisnyaAda yang saling cintaBermesra di sekolahSelalu berduaBerjalan di sela-selaRumput sekolah kitaOh indahnya....Nostalgia SMA kitaIndah lucu banyak ceritaMasa-masa remaja ceriaMasa paling indahNostalgia SMA kitaTakkan hilang begitu sajaWalau kini kita berduaMenyusuri cinta
---------------------------------
@@@@@
aku dengar lagu ini tadi malam pas lagi duduk duduk di warung,ini lagu dulu banget tahun 89an famous banget di kalangan anak2 muda jaman itu,ada lagi satu lagu pake bahasa inggris yang di nyanyikan oleh ady bing slamet satu album soundtrack ama lagu diatas ,aku lupa judulnya cuman ingat samar2 tuh lagu,sering kok berkumandang di radio.
oiya ini lagu diambil dari film merpati tak pernah inkar janji dengan bintang paramitha rusady dan ady bing slamet....ceritanya tentang anak sma,aku masih ingat betul gimana gaya adi bing slamet main di pilm itu...seragam sma dan bagian lengan di tekuk,rambut rada gondrong,kancing baju dibuka 2.pake harley aspal stang tinggi....dan paramithanya innocent bener....pas bener kan..cuman adi bing slametnya lucunya sma pake kumis rada tebal...oiya aku dulu pas smp punya buku tulis gambarnya film ini......